HP Xiaomi vs OPPO, Mana yang Lebih Unggul dan Worth It

HP Xiaomi vs OPPO, Mana yang Lebih Unggul dan Worth It

HP Xiaomi vs OPPO, Mana yang Lebih Unggul dan Worth It

HP Xiaomi vs OPPO, Mana yang Lebih Unggul dan Worth It – Xiaomi dan OPPO adalah dua merek smartphone yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Menurut survei dari Canalys tahun 2018, Xiaomi menempati peringkat kedua disusul oppo di peringkat ketiga yang memiliki jumlah pengguna terbesar di Tanah Air.

Ada berbagai alasan kenapa masyarakat Indonesia menyukai kedua brand yang sama-sama berasal dari Tiongkok tersebut. Salah satunya adalah karena harganya yang relatif terjangkau.

Melansir dari https://superbandar.live/ Namun jika melihat dari keseluruhan spesifikasi, harga, hingga pelayanan, kira-kira mana yang lebih unggul dan worth it, ya? Apakah Xiaomi atau OPPO? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

1. Perbandingan ciri khas kedua brand

Setiap brand smartphone pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Begitu pula dengan Xiaomi dan OPPO. Lalu seperti apa perbandingan ciri khas keduanya?

Pertama untuk Xiaomi. Satu sifat yang menjadi top of mind dari brand tersebut adalah harganya yang murah namun dengan kualitas yang bisa bersaing. Itulah kenapa Xiaomi bahkan mendapatkan julukan “Apple dari Tiongkok”.

Ada beberapa hal yang membuat Xiaomi bisa dibanderol dengan harga yang lebih murah. Dari antaranya adalah mereka tidak gencar melakukan promosi dan menggaet artis, menjalin kerja sama dengan penyedia prosesor, hingga memangkas profit agar penjualan signifikan.

Lalu bagaimana dengan OPPO? Sama-sama dari Tiongkok, perusahaan ini mengusung tagline “Brilliant Portrait”. Frase tersebut melambangkan apa yang  OPPO tonjolkan, yakni kameranya.

Tak hanya itu, OPPO juga memiliki strategi yang berkebalikan dengan Xiaomi. Brand tersebut sering menggandeng selebritis untuk mempromosikan produknya. Mulai dari Chelsea Islan, Reza Rahadian, Raisa, hingga Isyana Sarasvati.

2. Dari segi performa dan kemampuan gaming

Salah satu yang paling penting untuk dibandingkan adalah dari segi performa. Untuk hal ini, ada beberapa indikator yang penting untuk dipertimbangkan. Dari antaranya adalah prosesor, RAM, dan ketahanan baterai.

Pertama, dari prosesor. Untuk aspek ini, bisa dibilang bahwa Xiaomi adalah juaranya. Pertama, brand tersebut pada umumnya menggunakan prosesor Snapdragon karena mereka memiliki kerja sama dengan Qualcomm. Sedangkan OPPO lebih sering mengandalkan Mediatek yang performanya cenderung lebih rendah daripada Snapdragon.

Kedua, dari RAM sebenarnya kedua brand tersebut memiliki sifat yang kurang lebih sama. Kamu bisa memilih besar RAM sesuai dengan biaya yang kamu keluarkan. Begitu pula untuk baterai.

Namun secara keseluruhan, Xiaomi memang lebih unggul dari segi performa ketimbang OPPO. Hal ini juga banyak yang menyetujui para tech enthusiasts dari berbagai negara.

Sebagai tambahan Xiaomi juga lebih banyak yang menyukai oleh para gamers daripada OPPO. Sebab performanya cenderung lebih cepat dan tahan lagging. Sedangkan OPPO memang tidak didesain untuk gaming.

3. Dari segi kamera

Berikutnya kita bandingkan dari segi kamera. Kamu tentu sudah bisa menebak, kan, siapa yang lebih unggul dalam hal ini? Benar, OPPO.

Brand yang sering menggandeng para artis tersebut memang menonjolkan keunggulan kameranya hingga mendapat julukan sebagai “camera phone”. Hasil tangkapan kamera depan dan kamera selfie-nya selalu tampak jernih dan memuaskan.

Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa Xiaomi memiliki kamera yang buruk, ya. Hasil tangkapannya sudah sangat cukup, terutama untuk menangkap momen sehari-hari dan mengunggah ke Instagram. Namun Xiaomi memang tidak menonjolkan fitur kameranya.

4. Dari ketersediaan service center

Untuk masalah ketersediaan service center sebenarnya relatif, tergantung pada tempat tinggal masing-masing individu. Namun Xiaomi mengaku bahwa mereka tidak fokus membangun offline store dan service center untuk mengalokasikan dananya dalam produksi.

Sedangkan untuk OPPO, offline store dan service center-nya biasa tersedia pada beberapa mal dan tempat perbelanjaan gadget. Walaupun begitu, Xiaomi kini sudah mulai berekspansi dan memerhatikan ketersediaan service center sebagai bentuk pelayanan terhadap pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *